Site icon Kolom Desa

BUM Desa Citra Mandiri Arjasa Terapkan Transaksi Digital

Wisata kolam renang BUM Desa Citra Mandiri, Desa Arjasa, Jember. Sumber foto: Istimewa.

Wisata kolam renang BUM Desa Citra Mandiri, Desa Arjasa, Jember. Sumber foto: Istimewa.

JEMBER Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Citra Mandiri Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember berhasil menerapkan sistem transaksi berbasis digital. Transaksi berbasis digital tersebut sudah berjalan selama satu bulan atas pembinaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember.

 

“Selain OJK, Bank Jatim juga terlibat dalam pembinaan menuju transaksi digital. Setelah sukses menerapkan transaksi digital, hari ini Bumdes Citra Mandiri mengundang seluruh pelaku UMKM di Desa Arjasa,” kata Direktur BUM Desa Citra Mandiri Desa Arjasa, Rizal Firmansyah, Rabu (1/11/2023).

 

Mereka mendapatkan pelayanan pembuatan QRIS gratis dari OJK. Selain itu, juga mendapatkan pelayanan cara pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB).

 

“Hari ini menghadirkan seluruh pelaku UMKM Desa Aejasa. Memberikan pelayanan pembuatan NIB dan QRIS secara gratis. Harapannya mereka bisa melakukan transaksi digital,” kata Rizal.

 

Rizal menjelaskan, meskipun BUM Dessa Citra Mandiri bertransformasi ke transaksi digital, namun harganya masih tetap sama. Para pengunjung cukup membayar Rp 5.000 sudah mendapatkan seluruh fasilitas yang ada di kolam renang termasuk outbond.

 

“Sementara tempat belajar memanah, terdapat harga tersendiri. Pengunjung cukup membayar Rp 30 ribu sudah mendapatkan pelatihan memanah sampai bisa,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, sebagai tempat wisata yang dikelola desa, BUM Desa Citra Mandiri terus berkembang. Perputaran uang di kolam renang anak itu minimal Rp 5 juta per minggu.

 

“Harga tiket masih sama seperti sebelumnya, tidak kami naikkan. Pengunjung cukup membayar Rp 5.000 sudah bisa menikmati fasilitas kolam renang dan outbond,” tuturnya.

 

Menurut Rizal, selama satu bulan berjalan, BUM Desa telah berhasil membentuk ekosistem keuangan inklusif. Kini semua transaksi di BUM Desa tersebut dapat dilakukan menggunakan QRIS.

 

“Mulai dari pemesanan tiket masuk wisata kolam renang, biaya WIFI, dan berbelanja di stan UMKM,” jelasnya.

 

Tak hanya itu, kata Rizal, BUM Desa Citra Mandiri juga membuka pelayanan keuangan tanpa kantor. Pelaku UMKM Desa Arjasa bisa membuka tabungan, tarik tunai, cek saldo tabungan, dan transfer dan transaksi lain di BUM Desa Citra Mandiri.

 

“Selain itu, Bumdes Citra Mandiri juga menyediakan stan khusus kerajinan tangan dan batik berkualitas ekspor. Termasuk busur panah yang juga sudah tembus pasar Asia Tenggara,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Exit mobile version