52 Warga Desa Tegalbadeng Barat Alami Keracunan Makanan

ilustrasi keracunan makanan, sumber foto: istok
ilustrasi keracunan makanan, sumber foto: istok

BALI – Sebanyak 52 warga Desa Tegalbadeng Barat, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali, mengalami keracunan makanan. Hal itu terjadi, seusai warga mengikuti acara maulid nabi di masjid dekat rumahnya.

 

“Kejadiannya sekitar pukul 10.00 Wita. Warga yang mengalami diare mulai berdatangan ke Puskesmas Pengambengan,” kata Kasat Reskrim Polres Jembrana, AKP Agus Riwayanto Diputra, Senin (30/10/2023).

 

Ia mengatakan, warga yang mengalami keracunan makanan tersebut berasal dari Banjar Tengah dan Banjar Teluk Limo. Mereka mengalami diare setelah menghadiri acara maulid nabi di Mushola Miftahul Solah, Banjar Teluk Limo, Desa Tegalbadeng Barat, pada Minggu (29/10).

 

Dari jumlah tersebut, kata dia, 50 orang di antaranya menjalani rawat jalan dan dua lainnya dirawat inap. Sementara ini, dugaan penyebab keracunan makanan tersebut akibat tercemar oleh bakteri.

 

“Dugaan sementara, sesuai keterangan dari Sub Koordinator Surveilen Imunisasi Dinkes Jembrana I Kade Sugita, bahwa keracunan makanan. Sampel makanan juga diambil oleh petugas untuk diperiksa,” ujarnya.

 

Ia mengimbau, agar masyarakat untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Terutama makanan yang akan disajikan kepada orang banyak.

 

“Masyarakat harus memastikan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan bersih dan sehat,” tegasnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *