Site icon Kolom Desa

Punya Pantai dan Budaya Unik, Ipaya Dikembangkan Jadi Pariwisata

Kantor Distrik Amar, Sumber Foto: Istimewa

Kantor Distrik Amar, Sumber Foto: Istimewa

MIMIKA – Kampung Ipaya, Distrik Amar, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah memiliki keunikan budaya dan daya tarik kawasan wisata pantai. Oleh sebab itu, Pemkab setempat mendukung penuh dalam pengembangan daya tarik yang dimiliki desa tersebut.

 

Selain itu, Kampung Ipaya juga memiliki daya tarik dalam sektor ekowisata. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Ekonomi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika Amel Rumayomi.

 

“Kawasan Pantai Ipaya ini dapat kembangkan secara optimal menjadi objek wisata pilihan di Kabupaten Mimika,” katanya, Kamis (26/10/2023).

 

Menurut Amel, masyarakat setempat mendukung pengembangan dan pembangunan kawasan sektor pariwisata. Tak hanya itu, jika melihat geografis wilayah tersebut juga mendukung jika didirikan suatu bangunan.

 

“Untuk kontur dan tingkat kemiringan tanah dalam lokasi perencanaan, sangat memungkinkan untuk didirikan bangunan di atasnya,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, di sekitar kawasan perencanaan, terdapat jaringan listrik PLN dan jaringan telepon nirkabel. Ditambah akses yang mudah untuk wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi tersebut.

 

“Untuk sampai ke Kampung Ipaya kita dapat mengikuti jalur laut atau melewati sungai dengan waktu tempuh dua hingga tiga jam perjalanan,” jelasnya.

 

Amel menambahkan, pihaknya telah melakukan penyusunan dokumen akhir pengembangan kawasan wisata Pantai Ipaya. Upaya tersebut diharapkan dapat menjadi dasar implementasi fisik.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version