Nelayan Desa Sidakarya Dapatkan Pelatihan SAR

foto nelayan latihan sar, sumber foto: Istimewa
foto nelayan latihan sar, sumber foto: Istimewa

BALI Badan SAR Nasional (BASARNAS) Bali memberikan pelatihan SAR kepada Nelayan Desa Sidakarya, Kabupaten Denpasar, Bali. Hal tersebut bertujuan agar nelayan memiliki bekal saat melaut.

 

“Mengingat potensi-potensi resiko selama berlayar, serta banyaknya wisatawan yang melakukan aktivitas di sekitaran pantai dan laut, kami menilai kemampuan SAR sudah merupakan bekal dasar yang perlu dimiliki para nelayan,” kata Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Madrayasa, Minggu, (29/10/ 2023).

 

Ia mengatakan, dalam hal ini para nelayan mendapatkan pelatihan keselamatan dan keamanan di Laut. Puluhan nelayan yang ikut pelatihan tersebut, tergabung dalam kelompok nelayan Munting Sikon Desa Sidakarya. .

 

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut berupa pembekalan kemampuan search and rescue (Pencarian dan Penyelamatan) SAR. Pelatihan ini digelar di Pantai Mertasari, Desa Sanur Kauh, Denpasar.

 

Ia berharap, pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta dan menjadi bekal dalam menghadapi resiko-resiko yang ada di laut. Karena ada bermacam-macam kejadian di laut yang dapat terjadi kapan saja.

 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi nelayan untuk kesiapan diri dalam melaut serta kesiapan dalam memberikan pertolongan jika terjadi kegawatdaruratan di laut,” tutupnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *