Site icon Kolom Desa

Jam Nyala Listrik Desa Labuhan Aji Sudah 24 Jam

foto PLN ke pelosok desa, sumber foto: sumber resmi PLN (Persero)

foto PLN ke pelosok desa, sumber foto: sumber resmi PLN (Persero)

NTBPT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara barat (UIW NTB) terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan jam nyala listrik di Desa Labuhan Aji, Sumbawa dengan 24 jam. Dimana sebelumnya desa itu, dialiri listrik PLN hanya 12 jam.

 

“Pembangunan listrik desa merupakan bagian dari komitmen PLN guna meningkatkan pelayanan listrik kepada masyarakat di daerah yang masuk kategori 3T di Provinsi NTB, yang akan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi Masyarakat setempat,” kata General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, Jumat, (27/10/2023).

 

Ia menjelaskan, bahwa peningkatan pelayanan listrik 24 jam di Desa Labuhan Aji, Pulau Moyo ini merupakan bentuk tanggung jawab PLN atas seluruh rakyat Indonesia terhadap kebutuhan listrik. Dengan peningkatan jam nyala listrik di Desa Labuhan Aji, kini masyarakatntya bisa dapat beraktifitas dan menikmati listrik di siang hari.

 

Menurutnya, dalam pembangunan jaringan listrik pedesaan di Desa Labuhan Aji, pihaknya merencanakan pengembangan sistem kelistrikan dengan pembangunan jaringan tegangan menengah sepanjang 1,94 kilometer sirkit (kms). kemudian jaringan tegangan rendah sepanjang 1,50 kms serta 3 buah gardu distribusi dengan kapasitas masing-masing 1×50 kVA, 1×100 kVA, dan 1×160 kVA.

 

“Dengan rencana pengembangan sistem kelistrikan ini, kami berharap dapat memberikan layanan yang lebih andal, dimulai dari kesiapan pembangkit di sisi hulu hingga kesiapan distribusi maupun pelayanan pelanggan di sisi hilir.  Tentunya, pasokan yang andal akan membawa perubahan signifikan dalam pelayanan listrik dan kualitas hidup warga Desa Labuhan Aji,” ujarnya.

 

Dirinya juga menyampaikan terimakasihnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Desa Labuhan Aji yang telah mendukung komitmen dalam menghadirkan listrik 24 jam. Pihaknya akan terus berusaha untuk menerangi Provinsi NTB di 2024 dengan listrik yang memadai.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version