Pj Bupati Gianyar Mengangkat Tiga Pj Kades Baru

foto Pj Bupati Gianyar saat melantik tiga kades pengganti, sumber foto: istimewa
foto Pj Bupati Gianyar saat melantik tiga kades pengganti, sumber foto: istimewa

BALI Penjabat (Pj) Bupati Gianyar menyerahkan SK Pemberhentian Perbekel (kepala desa) kepada tiga Kades serta mengangkat tiga Penjabat (Pj) kades, di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar. Sebab ketiga kades tersebut akan maju menjadi calon legislatif pada gelaran pemilu 2024.

 

“Pengangkatan tiga Pj Perbekel (kades) dilakukan karena mereka mengundurkan diri dari jabatannya karena akan maju dalam kontestasi politik tahun 2024 sebagai calon legislatif Kabupaten Gianyar,” kata Penjabat Bupati Gianyar,  I Dewa Tagel Wirasa, Kamis, (26/10/2023).

 

Ia mengatakan, pengangkatan ketiga penjabat kades tersebut, yaitu Pj kades Tampaksiring, Pj Kades Manukaya dan Pj Kades Sayan. Ketiganya tersebut mengundurkan lantaran akan maju menjadi Caleg DPRD Kabupaten Gianyar.

 

“Surat pengunduran diri mereka telah disampaikan secara tertulis dengan alasan mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Gianyar pada pemilu tahun 2024,” katanya.

 

Menurutnya, walaupun secara periodesasi jabatan ketiga kades tersebut belum berakhir. Namun sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, pemberhentian  dan pengangkatan penjabat kades adalah kewenangan kepala daerah.

 

Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. Perlu diangkat penjabat kades yang berasal dari ASN.

 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Perbekel Desa Tampaksiring, Perbekel Desa Sayan dan Perbekel Desa Manukaya, yang telah mampu melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, sehingga desa yang telah Saudara pimpin telah berhasil mewujudkan desa yang berkembang, maju dan mandiri,” tutupnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *