Usai Juara ADWI, Ngilngof Jadi Wisata Unggulan Maluku

Salah Satu Obyek Wisata Desa Nilnof, Sumber Foto: jadesta Kemenparekraf
Salah Satu Obyek Wisata Desa Nilnof, Sumber Foto: jadesta Kemenparekraf

MALUKUKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menetapkan Ohoi (desa) Ngilngof sebagai Desa Wisata di Provinsi Maluku. Dipilihnya ohoi Ngilngof sebagai Desa Wisata setelah ditetapkan sebagai juara satu Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021.

 

Dalam pengenbangan usaha pariwisata dan ekraf, Pemerintah Ohoi Ngilnof akan mendapatkan bantuan. Selain itu, akan juga akan mendapatkan edukasi tentang literasi dukungan. Hal tersebut disampaikan oleh Hanifah Makarim (Direktur Standarisasi dan Sertifikasi Usaha Kemenparekraf/Baparekraf RI).

 

“Kami memberikan bantuan modal kepada desa wisata Ngilngof. Untuk literasi, jami hadirkan nara sumber dari OJK Provinsi Maluku dan pihak perbankan, Lewat para narasumber. Kami mengajarkan warga dan pengelola wisata disini bagaimana mengelola keuangan dengan baik,” ungkapnya, saat kegiatan Literasi Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) di ohoi Ngilngof, Selasa (24/10/2023).

 

Hanifah menyatakan, tujuan kegiatan literasi itu agar para masyarakat dan pelaku usaha wisata dapat mengolah keuangan bisnis, pribadi maupun rumah tangga. Dengan demikian, usaha warga dan pelaku desa wisata Ngilngof berkembang lebih maju.

 

Lebih lanjut, Hanifah menjelaskan tahapanya bahwa terlebih dahulu dilakukan seleksi. Untuk tahun ini, Kemebparekraf memberikan bantuan kepada 50 desa wisata. Bantuan tersebut dalam bentuk uang, dan diberikan sesuai dengan proposal yang diajukan.

 

“Semua proposal diseleksi, dan yang disetujui akan dibelikan barang sesuai dengan apa yang telah disetujui oleh pihak desa wisata yang bersangkutan. Jadi, kita kasih bantuan uangnya nanti mereka sendiri yang beli barang kebutuhannya,” bebernya.

 

Desa wisata Ngilngof adalah satu-satunya desa di Provinsi Maluku yang menerima bantuan dari Kemenparekraf tahun 2023 ini. Sehingga, melalui kegiatan tersebut, desa wisata Ngilngof diharapkan dapat terus berkembang.

 

“Semoga kedepannya nanti ekonomi masyarakatnya semakin berkembang, pariwisatanya juga makin maju, semakin banyak wisatawan yang berkunjung kesini,” tandasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *