Site icon Kolom Desa

Sebanyak 36 KK Miskin Terima Bantuan Rumah Deret

ilustrasi rumah deret, sumber foto: Istok

ilustrasi rumah deret, sumber foto: Istok

BALI – Sebanyak 36 Kepala Keluarga (KK) miskin di Kabupaten Klungkung, Bali, menerima bantuan rumah deret dari Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan rumah deret itu, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga.

 

“Jangan terlena dan manja di tempat ini, bapak dan ibu harus semangat untuk bangkit dan keluar dari zona kemiskinan serta rawat rumah ini dengan baik,” kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Rabu, (25/10/2023).

 

Dalam acara tersebut, Mensos didampingi langsung Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Penyerahan rumah deret itu dilaksanakan langsung di lokasi pembangunan rumah deret, Desa Sulang, Klungkung, Senin (23/10/2023).

 

“Di sini nanti masyarakat wajib memperkuat sisi ekonomi dengan membuat perkebunan sayur, buah, atau peternakan ayam petelur,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan, bantuan rumah deret dengan nilai Rp3,06 miliar itu merupakan program Kemensos untuk pengentasan kemiskinan. Sasarannya adalah warga miskin atau tunawisma yang tidak memiliki rumah.

 

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa awal mula adanya rumah deret ini ditemukannya fakta lapangan yang terdapat beberarapa KK miskin yang tidak bisa menerima bedah rumah lantaran tidak memiliki lahan sendiri. Maka dari situlah muncul ide rumah deret.

 

“Tentunya melalui bantuan rumah deret ini dapat dijadikan role model dalam mengentaskan kemiskinan, dan semoga dapat membantu 36 KK miskin di Kabupaten Klungkung keluar dari kemiskinan,” tutupnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version