Site icon Kolom Desa

Pilkades PAW Desa Kasiyan Berlangsung Kondusif

Musyawarah Desa (Musdes) Pilkades Pergantian Antar Waktu di Desa Kasiyan. Sumber foto: Dok Panitia Pilkades PAW Kasiyan.

Musyawarah Desa (Musdes) Pilkades Pergantian Antar Waktu di Desa Kasiyan. Sumber foto: Dok Panitia Pilkades PAW Kasiyan.

JEMBER – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk sisa masa jabatan 2019-2025 di Desa Kasiyan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember berlangsung lancar dan kondusif. Pilkades PAW ini dilaksanakan mengingat kepala desa yang menjabat sebelumnya meninggal dunia dan digantikan oleh Pj untuk sementara waktu.

 

“Alhamduliilah, semua tahapan berjalan lancar, aman, dan kondusif hingga penghitungan suara,” kata Ketua Panitia Pilkades PAW Desa Kasiyan, Moh Muflih Muttaqin saat dikonfirmasi kolomdesa, Kamis (26/10/2023).

 

Pria yang akrab disapa Gus Taqin ini menjelaskan, pelaksanaan pilkades PAW ini mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Jember Nomor 37 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Antar Waktu di Kabupaten Jember. Adapun secara detail ketentuan pelaksanaanya dijelaskan pada BAB IX.

 

“Tahapan mulai dari  persiapan, pencalonan kampanye, pemungutan suara dan penetapan,” ujarnya.

 

Gus Taqin mengungkapkan dalam Pilkades PAW ini diikuti oleh 3 calon kepala desa yang telah melalui tahapan seleksi dan memenuhi seluruh persyaratan. Adapun daftar pemilih berasal dari unsur perangkat desa, RT, RW dan perwakilan tokoh di masing-masing dusun.

 

“Adapun hasil perolehan suara yaitu, nomor urut 1 Eni Setiorini (25 suara), nomor urut 2 Zainul Arifin (59 suara) dan nomor urut 3 Hadi Wiswoyo (88 suara). Jumlah total 173 suara, 172 suara sah dan 1 tidak sah,” terangnya.

 

Lebih lanjut, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah turut mensukseskan Pilkades PAW Desa Kasiyan. Ia juga berharap dengan terpilihnya kepala desa yang baru ini dapat melanjutkan program pemerintah desa hingga akhir masa jabatan.

 

“Semoga Desa Kasiyan dapat menjadi lebih baik. Kami mengimbau agar masyarakat tetap kondusif menjaga ketertiban dan keamanan, tidak ada lagi pengkotak-kotakan antar golongan dan pendukung,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Exit mobile version