Site icon Kolom Desa

Desa Wisata Golo Loni Suguhkan Kearifal Lokal Pada Wisatawan

foto Mengayam Tikar, sumber foto: Istimewa

foto Mengayam Tikar, sumber foto: Istimewa

NTT Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki daya tarik tersendiri dalam memikat hati wisatawan. Dalam hal ini, Desa Wisata Golo Loni suguhkan kearifan lokal dengan belajar mengayam tikar yang berbahan pandan bagi wisatawan turis asing maupun domestik.

 

“Belum lama ini, turis asing yang menginap di homestay belajar mengayam tikar berbahan daun pandan yang dilatih ibu-ibu di kampung. Mereka sangan senang belajar hal unik Golo Loni,” kata Kapala Desa Wisata Golo Loni, Yohanes B Okalung, Rabu, (25/10/2023).

 

Ia menyampaikan, tidak hanya alam saja yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjug. Akan tetapi kearifan lokal yang dimiliki masyarakat setempat juga mampu memikat dan diminati wisatawan.

 

Kaum perempuan di Desa Wisata Golo Loni terus mempertahankan kearifan lokalnya, salah satunya mengayam tikar berbahan daun pandan. Dimana tikar-tikar tersebut nantinnya  digunakan untuk alas tidur, alas duduk, dan banyak lain sebagainya.

 

Tidak hanya itu, wisatawan yang datang ke Wisata Golo Loni juga diajak menanam anakan bambu. Yang mana hal itu untuk keberlanjutan ekologi.

 

“Wisatawan sangat senang dengan program keberlanjutan ekologis dengan membiasakan diri menanam bambu demi keberlanjutan sumber mata air,” tuturnya.

 

Sekadar informasi, Desa Wisata Golo Loni memiliki beberapa paket wisata, seperti paket wisata air terjun, persawahan, danau Ranamese, alam, bukit kunang-kunang serta wisata minum kopi Golo Loni. Juga ada memancing ikan air tawar dan kearifal lokal masyarakat Golo Loni.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version