Site icon Kolom Desa

Pj Gubernur NTB Lakukan Panen Raya Desa Tanak Beak

Ilustrasi petani memanen padi Sumber Foto: Pixabay

Ilustrasi petani memanen padi Sumber Foto: Pixabay

NTB – Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan panen raya padi di Desa Tanak Beak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Meski ada dampak El Nino, namun Desa Tanak Beak masih bisa melakukan panen raya.

 

“Kita patut bersyukur, di tengah perubahan iklim El Nino NTB, khususnya di Desa Tanak Beak, Narmada, Lombok Barat masih bisa panen perdana,” kata Pj Gubernur Lombok Barat, Lalu Gita Ariadi, Selasa, (24/10/2023).

 

Ia menjelaskan, dalam kondisi kekeringan seperti saat ini, dimana provinsi lain sedang disuplai beras impor. NTB menjadi satu-satunya daerah yang belum disuplai beras impor.

 

“Daerah kita memiliki peraturan Gubernur yang memproteksi masuknya beras impor. Tujuannya untuk memastikan hasil produksi petani kita betul-betul diserap maksimal oleh gudang Bulog yang ada di daerah,” Katanya.

 

Ia mengapresiasi atas kerja keras para petani yang ada diwilayahnya. Karena para petani terus mengawal ketersedian pangan di NTB dan stok pangan agar tetap aman.

 

“Pastikan stok di Bulog kita penuh dan cukup, jika ada kelebihan stok, baru boleh dijual keluar,” ujarnya.

 

Sekadar informasi, panen raya padi dengan varietes inpari 32 tersebut dilakukan pada lahan pertanian dengan luas 90 hektar. Lahan tersebut dimiliki oleh tiga kelompok tani.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version