Budidaya Anggur, Warga Desa Darungan Raup Jutaan Rupiah

Buah Anggur. Sumber foto: iStock.
Buah Anggur. Sumber foto: iStock.

LUMAJANG – Seorang warga di Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang sukses membudidayakan berbagai jenis buah anggur impor di pekarangan rumahnya. Dari usaha budidaya anggur ini, ia dapat meraup keuntungan jutaan rupiah per bulannya.

 

“Ada sekitar 40 jenis anggur asal Ukraina, Peru maupun Jepang yang kita budidayakan,” ujar Firmansyah, Senin (23/10/2023).

 

Firman menjual anggur segar seharga Rp 80.000 per kilogramnya. Selain itu, ia juga menjual bibit anggur impor seharga Rp 75.000 per polibag-nya.

 

“Keuntungan dari budidaya buah anggur ini sekitar Rp 5 juta sampai 6 juta per bulannya dari penjualan buah anggur segar serta bibit buah anggur impor,” ujarnya.

 

Pria berusia 30 tahun ini menggunakan 2 buah green house berukuran 400 meter persegi. Usaha budidaya anggur ini ia tekuni sejak tahun 2021 dan berkembang hingga sekarang.

 

“Buah anggur yang ia budidayakan yakni jenis transfiguration, gosv, academic, everest, taldun, lorano serta shine muscat,” katanya.

 

Sementara itu, Imroatus Sholehah warga setempat mengatakan buah anggur hasil budidayanya tumbuh subur dan berbuah lebat. Sehingga, membuat pengunjung yang datang tak sabar untuk memetik dan menikmati anggur secara langsung.

 

“Saya menikmati anggur jenis lorano. Rasanya manis dan juicy, selain itu juga anggur ini masih fresh karena baru petik langsung dari pohonnya,” tutupnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *