Diskominfo Badung Sosialisasikan Desa Digital

Desa digital. Sumber foto: Freepik
Desa digital. Sumber foto: Freepik

BALI Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Badung, Bali sosialisasikan desa digital kepada suluruh kepala desa yang ada diwilahnya. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan mendorong terwujudnya desa digital.

 

“Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta telah memberikan arahan kepada seluruh desa/kelurahan untuk segera melakukan transformasi digital menjadi desa/kelurahan digital. Kami diminta menjadi pendamping dalam melaksanakan transformasi digital,” kata perwakilan Dinas Kominfo Badung, Ida Bagus Putu Nata Biksuka, Kamis, (19/10/2023).

 

Ia menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan pihaknya sebagai pengampu tugas dan fungsi penerapan teknologi informasi di Badung. Dimna dengan sosialisasi setiap hari satu kecamatan, agar bisa menyamakan visi tentang desa berbasis digital.

 

“Sampai saat ini, di pemerintah pusat belum ada standar atau indikator yang resmi untuk desa digital. Untuk itulah, kami sampai seminggu ke depan melaksanakan sosialisasi desa digital,” katanya.

 

Ia menjelaskan, pihaknya Diskominfo Badung dan DPMD Badung tengah menyusun bersama konsep desa digital. Yang mana nantinya konsep tersebut akan dituangkan dalam sebuah buku rancangan yang isinya mengenai visi dan misi untuk menuju desa digital.

 

Menurutnya, tantangan desa digital tak hanya kepada infrastruktur dan aplikasi, namun tantangan terbesarnya ada di SDM. Jadi SDM ini termasuk perangkat desa dan masyarakat.

 

“Infrastruktur dan sistem yang canggih tidak akan berfungsi optimal apabila SDM sebagai operator atau pengguna tidak bisa memanfaatkan dengan optimal,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan, sosialisasi ini mengangkat materi tentang upaya pembangunan aplikasi seperti fungsi aplikasi, regulasi dan sistem dokumentasi keamanan. Serta integrasi aplikasi yang dinilai penting untuk mewujudkan satu data Badung.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *