Site icon Kolom Desa

Pemrov NTB Distribusikan Air Bersih Ke Desa Bilenda

Ilustrasi truk tangki air bersih. Sumber foto: iStock.

Ilustrasi truk tangki air bersih. Sumber foto: iStock.

NTB – Sebagai upaya antisipasi cuaca ekstrem El Nino yang mengakibatkan krisis air bersih di sejumlah wilayah yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemprov NTB melalui Dinas Sosial (Dinsos) NTB mendistribusikan air bersih ke Dusun Kelongkong, Desa Bilenda, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah yang merupakan lokasi terdampak kekeringan.

 

“Sebanyak 2 unit armada truk tangki air dikerahkan menuju lokasi/dusun dengan muatan berjumlah 10.000 liter untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada 153 KK 400 jiwa,” kata Kepala Dinsos NTB, Ahsanul Malik, Sabtu, (21/10/2023).

 

Ia mengatakan, bersama tagana, Dinsos NTB mengerahkan 2 unit armada truk tangki  air. Yang mana truk tersebut bermuatan 10.000 liter air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada 153 KK warga desa.

 

Pada sabtu, 14 Oktober lalu, pihaknya juga telah mendistribusikan air bersih sebanyak 15.000 liter kepada warga Dusun Saung, Desa Wakan. Hal ini, kata dia, sesuai dengan perintah Pj Gubernur NTB yang memerintahkan Dinsos agar terus melakukan pendistribusian air bersih secara terjadwal.

 

“Pj Gubernur NTB memerintahkan kami bahwa kepentingan masyarakat akan kebutuhan air bersih pada tiga bulan kedepan menjadi prioritas,” katanya.

 

Terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB menyebutkan, tigadaerah di NTB telah memberlakukan status tanggap darurat kekeringan. Tiga daerah itu yakni Lombok Timur, Sumbawa Barat, dan Sumbawa.

 

“Tiga daerah ini yang alami kekeringan yang cukup parah di Provinsi NTB,” kata Kepala Pelaksana (kalak) BPBD NTB, Ahmadi.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version