Sidomulyo Lolos Lomba Desa Wisata Nusantara Kemendesa PDTT

Salah satu objek wisata alam Sendang Tirto Gumitir di Desa Sidomulyo. Sumber foto: Jadesta Kemenparekraf.
Salah satu objek wisata alam Sendang Tirto Gumitir di Desa Sidomulyo. Sumber foto: Jadesta Kemenparekraf.

JEMBER Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo menjadi satu-satunya desa di Kabupaten Jember yang lolos dalam ajang lomba Desa Wisata Nusantara 2023. Sebanyak 45 nomine telah diumumkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

 

“Ini merupakan pertama kali Desa Sidomulyo lolos lomba desa wisata di tahapan selanjutnya. Proses membangun desa wisata memang sangat panjang. Sejak 2017 kami inisiasi itu. Lalu, kami terus melakukan inovasi dan pengembangan” kata Kepala Desa Sidomulyo, Kamiludin, Selasa (17/10/2023).

 

“Proses membangun desa wisata memang sangat panjang. Sejak 2017 kami inisiasi itu. Lalu, kami terus melakukan inovasi dan pengembangan,” kata Kepala Desa Sidomulyo Kamiludin.

 

Kamil mengatakan, Desa Wisata Sidomulyo berbasis gotong-royong dan melalui pemberdayaan masyarakat. Pengelolaan wisata dilakukan oleh pokdarwis bersama masyarakat, sementara pemerintah desa memfasilitasi pemberdayaan tersebut.

 

“Destinasi jujukan atau wisatanya banyak milik masyarakat. Kami melakukan pendampingan dan memfasilitasi agar wisatanya semakin berkembang,” imbuhnya.

 

Pria yang akrab disapa Mas Kades ini menjelaskan, wisata yang ada di desanya sangat banyak. Mulai dari wisata alam, edukasi, religi, sport tourism, hingga wisata sejarah.

 

“Hal ini membuat kunjungan terhadap wisata desa semakin meningkat,” ujarnya.

 

Pihaknya berharap, hasil pemaparan dan wawancara yang telah dilakukan itu membuahkan hasil. Ia menambahkan, tim juri bakal berkunjung dan memverifikasi langsung ke lapangan.

 

“Rencananya kunjungan itu akan dilakukan di akhir Oktober ini atau awal November,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *