Pemkot Ambon Dorong UMKM Tingkatkan Pola Kemitraan

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, Sumber Foto: Istimewa
Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, Sumber Foto: Istimewa

AMBON – Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Ambon menggelar temu usaha membangun Kota Ambon bersama dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam memberikan para pelaku UMKM agar bisa membangun pola kemitraan usahanya, Senin (16/10/2023).

 

“Kegiatan ini sebenarnya upaya dari kami pemerintah untuk memberikan berbagai hal menyampaikan berbagai kebijakan pemerintah bahkan secara teknis operasional dari teman-teman narasumber supaya minimal bisa membangun pola kemitraan usaha agar pelaku usaha bisa membentuk kerjasama yang kuat, sehingga menumbuhkan pertumbuhan UMKM di Kota Ambon,” kata Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena di Grand Avira Hotel.

 

Selain itu, melalui kegiatan itu juga dilakukan peningkatan kualitas manajemen usaha melalui bimbingan teknikal. Diharapkan semua stakeholder memiliki peran penting dan dinas strategis untuk mendukung UMKM semakin eksis.

 

“Pengembangan UMKM itu sangat bermanfaat, bayangkan kalau terjadi pertumbuhan seribu UMKM di kota Ambon lalu satu UMKM minimal memperkerjakan 1 orang maka sudah ada 2000 pekerja berarti angka pengangguran terbuka di Kota Ambon bisa menurun langsung,” jelas Wattimena.

 

Dikatakan, setiap orang yang sudah bekerja dan memperoleh pendapatan yang tetap, maka namanya akan dicoret dari status pengangguran. Menurutnya, pengangguran terbuka kita sebanyak 11 persen lebih jika dikonkretkan jumlahnya ada 27.000 lebih di Kota Ambon.

 

“Jadi, kalau 1000 pelaku UMKM di Kota Ambon kita bisa kembangkan dan mereka bisa rekrut pekerja lainnya, maka secara perlahan pengangguran di Kota Ambon akan berkurang,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *