Kadis DLH Halbar Kritik Penyebaran Mobil Sampah Desa

6 Mobil Sampah Kabupaten Halmahera Barat Siap Dioperasikan, Sumber Foto: Istimewa
6 Mobil Sampah Kabupaten Halmahera Barat Siap Dioperasikan, Sumber Foto: Istimewa

HALBAR – Belum ratanya penyebaran mobil sampah ke Desa-Desa di beberapa kecamatan se-Halmahera Barat saat ini menuai kritik. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halmahera Barat, Adrzal Sahena menilai, Pemerintah Desa punya pengetahuan yang cukup terhadap kondisi lingkungan masing-masing warga yang membutuhkan.

 

“Jadi terkait dengan hal itu kami juga ada target, tapi kalau ada emergency yang harus ditangani silahkan bersurat,” katanya, pada Senin (16/10/2023).

 

Terkait dengan mobil sampah yang belum masuk itu sekarang ada di tiga Kecamatan, tetapi tidak semua mobil sampah masuk ke setiap desa. Pihaknya meneruskan pelayanan yang kemarin memaksimalkan yang ada.

 

“Kita harus punya target meskipun mereka menyurati juga, kalau misalnya orang Sidangoli kemudian menyurati, kami kerepotan juga, karena keterbatasan jadi Torang punya target akan tetapi Torang juga punya solusi,” cetusnya.

 

Lebih lanjut, Adrzal menjelaskan, bahwa volume sampah dan retribusi sampah tidak sebanding lurus. Sehingga terdapat ketidakseimbangan antara volume sampah dan restribusinya.

 

“Sampah yang tong tangani itu sudah melebihi dari retribusi yang ada, jadi ada yang sembunyi-sembunyi, tapi tidak mau terlibat dalam retribusi,” tandasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *