Empat Desa di NTB Terima Bantuan Dana DPUP

foto Menparekraf saat memberikan dana DPUP, sumber foto: sumber resmi NTB
foto Menparekraf saat memberikan dana DPUP, sumber foto: sumber resmi NTB

NTB Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyerahkan bantuan dana Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada empat desa wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan ini merupakan program tindak lanjut dari Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dan 2022.

 

“Alhamdulillah pariwisata kita sudah bangkit. Dan dengan bantuan DPUP ini diharapkan dapat memperkuat harapan baru masyarakat yaitu masyarakat sejahtera adil dan makmur. Harga murah, kerja mudah, hidup berkah dengan ekonomi hijau,” kata Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, Sabtu, (14/10/2023).

 

Empat desa wisata yang mendapatkan bantuan tersebut yakni Desa Wisata Sesaot Kabupaten Lombok Barat dan Desa Wisata Bonjeruk Kabupaten Lombok Tengah. Dilanjut Desa Wisata Senaru Kabupaten Lombok Utara dan Desa Wisata Taman Loang Baloq Kota Mataram.

 

Ia berharap, bantuan dana DPUP yang diberikan keempat desa dengan besaran nominal rata-rata Rp120 juta perdesa itu diperuntukkan untuk pembelian peralatan pendukung produksi usaha parekraf. Dalam acara penyerahan bantuan dana itu, turut dilakukan juga pelatihan literasi keuangan.

 

Ia mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk keberpihakan pemerintah untuk menjadikan desa wisata lebih tangguh ke depan dengan daya tarik wisata yang lebih beragam dan kemampuan membangun produk ekonomi kreatif. Selain itu, juga untuk pengembangan sumber daya manusia.

 

“Saya harap agar bantuan, baik dana dan pendampingan dalam literasi keuangan ini bisa difokuskan kepada peningkatan SDM, peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, peningkatan destinasi wisata sehingga kunjungan wisatawan itu lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan,” ujarnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *