Site icon Kolom Desa

DPMD Penajam Dorong Pembangunan Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan

DPMD Penajam Dorong Pembanguna Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan Sumber foto: dpmd.penajamkab.go.id

DPMD Penajam Dorong Pembanguna Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan Sumber foto: dpmd.penajamkab.go.id

PENAJAMDinas Pembangunan Masyarakat (DPMD) Kabupaten Penajam Passer Utara, Provinsi Kalimantan Timur, mendorong pengembangan usaha lokal melalui usaha kecil dan menengah (UKM) melalui pelatihan dan pemasaran. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan usaha desa.

 

 

“Kami berikan wawasan kepada pelaku usaha kecil menengah melalui pelatihan agar mereka mampu mengembangkan usaha di desa,” ujar Kepala DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara, Jumat (13/10/2023).

 

 

Pelatihan kewirausahaan ini,termasuk pemahaman, pemasaran dan juga perizinan produk. Ketiga hal tersebut diperlukan untuk membangun citra produk agar dapat dipercaya oleh konsumen.

 

 

Selain itu, kompetensi pelaku usaha kecil menengah harus ditingkatkan. Contohnya, pembekalan berupa kemampuan membaca peluang atau mengembangkan usaha di tengah persaingan pasar.

 

 

Irawan mengatakan, tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha kecil di pedesaan. Termasuk mengembangkan manajemen usaha sehingga berdampak pada pemulihan perekonomian di desa.

 

 

Desa-desa yang menjadi sasaran pelatihan kewirausahaan di Kabupaten Penajam Paser Utara itu tersebar di Kecamatan Penajam, Kecamatan Waru, dan Kecamatan Babulu. Pengembangan wirausaha desa, sebagai upaya menumbuhkan ekonomi desa yang tangguh, penuh inovasi, dan kreatifitas.

 

 

Sebagai infromasi, wilayah pedesaan memiliki berbagai potensi yang perlu dikelola menjadi aktivitas dan produk bernilai tambah. Pengelolaan potensi itu dapat mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Exit mobile version