Site icon Kolom Desa

Kebakaran Pura Dalem Desa Adat Lambing Capai Kerugian Rp3 Miliar

foto desa adat lambing kebakar, sumber foto: sumber resmbi Pemkab Badung

foto desa adat lambing kebakar, sumber foto: sumber resmbi Pemkab Badung

BADUNG Kebakaran Pura Dalem Desa Adat Lambing, Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali mengakibatkan kerugian mencapai Rp3 miliar. Pasalnya kebakaran itu menghanguskan lima atap pelinggih yang ada di Desa Adat Lambing.

 

“Dengan kebakaran yang terjadi kami tafsirkan kerugian kurang lebih Rp 3 miliar,” kata Bendesa Adat Lambing, IGN Agung Citra Umbara, Kamis (12/10/2023).

 

Ia mengatakan, lima pelingging yang terbakar diantaranga Pelinggih Gedong Ratu Mas Agung, Gedong Dalem, Pelinggih Ratu Niang, Pepelik serta Pelinggih Ratu Ibu. Kelima bangunan itu pun rusak parah pada bagian kayu dan atap yang berbahan ijuk.

 

Dalam kebakaran itu, banyak mobil pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api. Bahkan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta juga ikut turun memantau kebakaran dan penanganan pemadaman.

 

“Untuk kebakaran, dugaan sementara penyebab kebakaran akibat api yang berasal dari pembakaran sampah. Jadi pusat apinya berada di sebelah timur pura,” ujarnya.

 

Kendati demikian pihaknya tetap menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati Badung, serta Damkar dan BPBD Kabupaten Badung yang telah kerja keras memadamkan api.

 

Sekadar informasi, Pura Dalem Desa Adat Lambing terbakar pada Kamis 12 Oktober 2023, kebakaran diketahui terjadi pada pukul 12.00 Wita.

 

Diduga kebakaran itu terjadi karena ada orang yang membakar sampah sembarangan. Kebakaran itu pun diketahui langsung oleh warga sekitar, karena melihat kepulan asap di atas pelinggih.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version