Warga Temukan Tank Bekas Perang saat Menggali Selokan

Warga Kampung Sarmi Kota Temukan Roda Tank, Sumber Foto: Istimewa
Warga Kampung Sarmi Kota Temukan Roda Tank, Sumber Foto: Istimewa

SARMI – Warga Kampung Sarmi Kota, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua menemukan tank yang diduga bekas perang dunia ke II. Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Sarmi Kota, IPDA Suratno, Selasa (10/10/2023).

 

“Informasi yang kami dapat, saat warga menggali parit atau selokan air, tidak sengaja menemukan sebuah rantai baja, setelah digali lebih dalam ternyata betul sebuah roda tank perang,” katanya.

 

Ia menjelaskan, masyarakat melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sarmi Kota. Pihak Polsek pun langsung menuju tempat ditemukannya benda mencurigakan tersebut.

 

“Saat kita tiba di TKP, langsung kita policeline area sekitar. Jangan sampai masih ada amunisi atau mortil dan sejenisnya yang ada disekitar tank tersebut dan itu sangat membahayakan,” jelasnya.

 

Suratno menjelaskan, dari posisi roda kemungkinan besar tank tersebut masih utuh. Sedangkan untuk jenis dan asalnya, belum bisa dipastikan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak guna menindaklanjuti penemuannya.

 

“Kalau kita cermati posisi rodanya, kemungkinan tank ini utuh yang terkubur dalam posisi terbalik. Belum dipastikan apakah ini milik Jepang atau Amerika, nanti kita telusuri lebih lanjut,” tandasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *