Site icon Kolom Desa

Demi Edukasi Warga, Kampung Moderasi Beragama Kota Tidore Ditetapkan

Empat Kecamatan Ditetapkan Menjadi Kampung Moderasi Beragama di Kota Tidore Kepulauan, Sumber Foto: malut.kemenag.go.id

Empat Kecamatan Ditetapkan Menjadi Kampung Moderasi Beragama di Kota Tidore Kepulauan, Sumber Foto: malut.kemenag.go.id

TIDORE – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara (Kemenag Malut) bersama Walikota Kota Tidore meresmikan Kampung Moderasi Beragama (KMB). Kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari program Kemenag RI yaitu Seribu Kampung Moderasi Beragama (KMB) yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

 

“Moderasi beragama yang kita gaungkan ini, bukan hanya untuk suasana rukun antar pemeluk agama, tetapi memberikan edukasi dan bimbingan kepada Masyarakat agar kerukunan tertanam dalam kesadaran Masyarakat Kota Tidore Kepulauan,” kata Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim, Selasa (10/10/2023).

 

 

Moderasi beragama diharapkan dapat memberikan edukasi dan bimbingan kepada Masyarakat. Tujuanya agar kerukunan selalu tertanam di benak Masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

 

 

“Dengan kerukunan yang tercipta, sikap toleransi akan tampak tumbuh dari kesadaran masing-masing individu, bukan hanya karena sekedar intruksi dari pemerintah dan formalitas belaka” jelas Wali Kota.

 

 

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Malut H. Amar Manaf dalam sambutannya, menyampaikan bahwa peresmian tersebut adalah langkah positif. Dengan program tersebut diharapkan dapat mendorong perdamaian, toleransi, kerukunan dan menjaga keberagaman di masyarakat.

 

 

Peresmian dihadiri Walikota Kota Tidore Kepulauan, Jajaran Forkopimda, Kepala KUA, Kepala Madrasah, dan para ASN Kemenag Kota Tidore Kepulauan. Adapun empat kecamatan yang telah ditetapkan yaitu Kecamatan Oba Utara, Kecamatan Tidore, Kecamatan Tidore Utara, Kecamatan Tidore Timur.

 

 

Penulis: ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version