Pemdes Fataatu Timur Berikan Bantuan Mesin Pertanian Kepada Petani

Pemdes Fataatu Timur, Mesin Pertanian, Petani
Pemdes Fataatu Timur, Mesin Pertanian, Petani

NTT – Pemerintah Desa Fataatu Timur, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggunakan dana desa Rp100 juta untuk pengadaan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) bagi tiga kelompok tani di daerahnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani Desa Fataatu Timur.

 

“Bantuan alsintan ini untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Kepala Desa Fataatu Timur, Isak Abel Do, Selasa, (3/10/2023).

 

Ia mengatakan, adapun bantuan alsintan untuk petani yaitu, satu unit traktor tangan G 600 , satu unit traktor tangan G 1000, dan satu unit cultivator atau penggembur tanah bedeng. Bantuan ini diberikan kepada Kelompok Tani Detunggali, Kelompok Tani Detunggali 2, dan Kelompok Dasawisma Wolowuwu.

 

Ia mengungkapka, bantuan alsintan ini digunakan untuk mendukung para petani yang ada di daerahnya dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian terutama padi. Dari bantuan penggembur tanah bedeng, dia berharap ada peningkatan ekonomi rumah tangga melalui pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam sayur.

 

“Sehingga bisa memperbaiki gizi bagi anak gizi kurang atau buruk dari keluarga yang terdampak (gizi buruk),” ucapnya.

 

pihaknya juga berharap, bantuan kepada petani tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pihaknya juga menyatakan komitmen untuk terus mendukung masyarakat desa lewat program-program pemerintah desa.

 

Sekadar Informasi, dana desa Rp100 juta yang dimanfaatkan untuk bantuan alsintan tersebut merupakan dana ketahanan pangan  dari total dana desa sebesar Rp834 juta.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *