Site icon Kolom Desa

1 Hektare Lahan di Subak Penggoncangan Terbakar

Kebakaran Hutan dan Lahan Tak Kunjung Padam. Sumber foto:kuburayakab.go.id

Kebakaran Hutan dan Lahan Tak Kunjung Padam. Sumber foto:kuburayakab.go.id

KLUNGKUNGBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung melaporkan telah terjadi kebakaran lahan di Subak Penggoncangan Desa Tangkas, Kecamatan Klungkung. Pada kebakaran tersebut total luas lahan yang terbakar sekitar 1 hektare.

 

“Tadi semua titik api sudah padam, kita terjunkan tim TRC ke lokasi membantu petugas Damkar melakukan pemadaman juga dibackup Damkar Gianyar, kalau ditotal untuk luas lahan yang terbakar ada sekitar 1 hektaran, karena titik api tidak di satu tempat saja,” kata Kepala BPBD Kabupaten Klungkung, Putu Widiada, Senin, (2/9/2023).

 

Ia mengatakan, sampai saat ini belum diketahui secara pasti pemicu kebakaran tersebut. Namun, kata dia, musim kemarau dan angin cukup kencang di wilayah rersebut yang mungkin dapat menyebabkan kebakaran lahan dengan cepat meluas hingga di beberapa titik.

 

Sementara itu, TRC BPBD Klungkung bersama Damkar Klungkung dibantu Damkar Kabupaten Gianyar telah melakukan penanganan untuk mencegah kebakaran semakin meluas. Mengingat lahan terbakar berada di dekat rumah warga.

 

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi hal serupa, pihaknya mengimbau kepada warga agar lebih berhati-hati apabila menyalakan api atau membakar sampah. Mengingat untuk saat ini tengah musim kemarau panjang.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version