BUM Desa Jadi Penyokong Perekonomian di Jateng

Wisata Kebun Nanas Nusantara yang dirintis Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sidomakmur Sejahtera, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Sumber: Dok Pemdes Pedawang.
Wisata Kebun Nanas Nusantara yang dirintis Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sidomakmur Sejahtera, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Sumber: Dok Pemdes Pedawang.

SEMARANG – Pertumbuhan perekonomian Provinsi Jawa Tengah pada triwulan II 2023 melebihi capaian nasional, dimana pertumbuhan perekonomian Jateng mencapai 5,23 persen, sementara capaian nasional 5,17 persen. Pertumbuhan perekononiman di Jateng disokong oleh berbagai sektor, di antaranya Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang tersebar dipenjuru desa di Jateng.

 

“Di tengah kinerja positif perekonomian Jateng, unit-unit usaha milik desa tersebut juga menunjukkan peningkatan jumlah,” kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMD Provinsi Jateng, Dedy Setiawan, Minggu (01/10/2023).

 

Dedy mengatakan, pasalnya pada 2021 jumlah BUM Desa yang tersebar di 7.809 desa di Jateng mencapai 6.679 unit. Kini, total BUM Desa yang ada di Jateng mencapai 7 ribu unit lebih.

 

“Total ada 7.329 BUM Desa di Jateng. Jumlah tersebut tercatat oleh Pemprov Jateng pada akhir 2022,” ujarnya.

 

Menurutnya, jika dihitung 650 unit BUM Desa baru terbentuk dalam kurun waktu satu tahun. Selain itu, potensi desa di Jateng sangat luar biasa dan bisa lebih digali oleh masyarakat.

 

“Seperti potensi alam, kebudayaan hingga kuliner. Untuk itu dibutuhkan aparatur desa yang bisa mengembangkan potensi desa agar menjadi daya jual,” ucapnya.

 

Ia merinci, potensi desa yang sering digarap oleh BUM Desa adalah alam untuk wisata. Imbas pengelolaan alam untuk wisata menurutnya berkontribusi besar dalam pertumbuhan perekonimian di Jateng.

 

“Untuk itu, Dispermades Jateng akan terus mendorong pertumbuhan BUMDes untuk meningkatkan perekonomian pedesaan. Sampai sekarang 93 persen desa di Jateng sudah memilki BUMDes,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *