Tulang Ikan Dimanfaatkan untuk Cegah Stunting di Desa Sumberejo

Sejumlah ibu-ibu Pokdarwis saat membuat olahan tulang ikan tongkol. Sumber foto: https://unej.ac.id/
Sejumlah ibu-ibu Pokdarwis saat membuat olahan tulang ikan tongkol. Sumber foto: https://unej.ac.id/

JEMBER – Sejumlah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember memanfaatkan tulang ikan untuk mencegah stunting di kalangan masyarakat pesisir Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember dalam program Gubuk Pemuda. Tulang ikan tongkol diolah menjadi nugget atau camilan dan pemilihan jenis olahan ini disesuaikan dengan hasil observasi mahasiswa.

 

“Di daerah pesisir ini banyak limbah tulang ikan tongkol berserakan. Kami berpikir bagaimana tulang ikan itu tidak berserakan dan menimbulkan infeksi lingkungan yang menyebabkan faktor risiko gizi kurang,” kata Ketua Tim Tim Program Penguatan Kapasitas Badan Perwakilan Mahasiswa FKM Universitas Jember, Fahriya Yuga Maulida, Kamis (28/9/2023).

 

Menurut Fahriya, tulang ikan tongkol memiliki kandungan kalsium. Sumber kalsium bisa menjadi pendukung untuk mencukupi status gizi balita.

 

“Pembuatan nugget tulang ikan tongkol ini sama seperti halnya pembuatan nugget lainnya. Tapi kami menggunakan bahan dasar jamur. Biasanya kan bahan dasarnya ayam. Kami pilih jamur karena punya kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil,” ujarnya.

 

Pihaknya berharap produk mahasiswa ini bisa diolah warga menjadi makanan khas pesisir untuk dijadikan buah tangan dan dijual di warung-warung. Selain itu, juga sekaligus dapat menambanh penghasilan ekonomi warga.

 

“Harapan kami produk ini bisa jadi sejenis oleh-oleh untuk kawasan pesisir Dusun Watu Ulo, Desa Sumberejo,” katanya.

 

Dalam program ini, pihaknya menggerakkan 20 kader ibu muda di desa tersebut untuk meningkatkan kepedulian warga terhadap kesehatan. Mereka juga mensosialisasikan kepada warga agar tidak menikah dalam usia terlampau muda.

 

“Karena itu kan menjadi faktor gizi kurang atau stunting,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *