Site icon Kolom Desa

Mahasiswa Peternakan Unram Sosialisasikan Kesehatan Ternak di Desa Gumantar

foto sosialisasi mahasiswa unram, sumber foto: istimewa

foto sosialisasi mahasiswa unram, sumber foto: istimewa

LOMBOK UTARA – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat (NTB) Menyosialisasikan Kesehatan ternak di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Tujuannya agar para peternak tahu bagaimana penanganan pertama bagi ternak yang sakit dan dapat meningkatkan produksi ternak yang ada di Desa Gumantar.

 

“kita ingin para peternak tahu bagaimana penanganan pertama pada ternak yang sakit, serta keinginan kami untuk memberikan asuransi pada peternak jika suatu saat ternaknya hilang,” kata Ketua Tim, Abdul Rohim, Rabu, (27/9/2023).

 

Ia menjelaskan, selain peternak, sasaran dari kegiatan ini juga untuk kader posyandu ternak yang disahkan oleh desa sebagai organisasi pelayanan ternak yang ada di Desa Gumantar. Kedepannya, kata dia, setelah kegiatan ini akan dilaksanakan digitalisasi posyandu ternak dengan output kegiatan berupa website yang dapat digunakan sebagai database, dan juga sebagai bentuk pelayanan digital.

 

“Alhamdulillah, tim kami yang terdiri dari 14 orang mahasiswa peternakan lolos pendanaan PPK Ormawa tahun ini,” katanya.

 

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan dari dana hibah yang didapat dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2023.

 

Sekadar informasi, kegiatan sosialisasi itu menghadirkan dua pemateri yaitu, Kepala UPTD Kayangan, Lalu Saeful Bahri dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lombok, Tresnahadi. Selain kegiatan sosialisasi Kesehatan ternak, banyak pula kegiatan pengabdian lain yang dilaksanakan.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version