Sektor Wisata Jadi Fokus Pengembangan Desa Sajen

Wisata Gubug Marawati di Desa Sajen. Sumber foto: Istimewa.
Wisata Gubug Marawati di Desa Sajen. Sumber foto: Istimewa.

MOJOKERTO – Pemerintah Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto terus mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya. Selain perdagangan dan pertanian, sektor wisata menjadi salah satu fokus pengembangan dalam waktu dekat.

 

“Desa Sajen ditarget mampu meraih gelar desa wisata. Selain itu kita juga dirikan central kios sayur, mengingat mata pencaharian mayoritas warga kita berdagang dan bertani,” kata Kepala Desa Sajen Syaiful Huda, Minggu (24/9/2023).

 

Melihat besarnya potensi yang ada, pihaknya terus menggetolkan langkah agar seluruh elemen warga dapat memaksimalkan. Sumber daya manusia (SDM) jadi fokus utama sembari melangkah lebih jauh.

 

”Kita akui Desa Sajen memang wilayah penyangga wisata-wisata yang ada di Pacet. Tapi di sini kita berkomitmen supaya tidak hanya menampung saja, tapi mempersiapkan sebagai pelaku wisata juga,” ujarnya.

 

Menurutnya, Desa Sajen ditargetkan akan meraih gelar desa wisata dalam beberapa tahun ke depan. Untuk itu, sejumlah kampus kenamaan di Jawa Timur digandeng guna mengembangkan konsep desa wisata yang mampu memberdayakan dan mensejahterakan seluruh lapisan warga.

 

”Insyaallah kalau tidak ada halangan Desa Sajen bisa jadi desa wisata tahun 2025 mendatang,” katanya.

 

Dirinya mengaku SDM menjadi faktor penting bagi Desa Sajen menuju desa wisata. Sehingga, sejumlah pelatihan dan sosialisasi getol digulirkan guna memberdayakan masyarakat.

 

”Karena tujuan kita ini untuk memberdayakan masyarakat menangkap peluang yang ada agar lebih produktif dan sejahtera. SDM kita sendiri ini yang penting untuk disiapkan juga. Jadi saat ini istilahnya kita juga kampanyekan Desa Wisata alam,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *