Pilkades Serentak di Jember Berlangsung Kondusif

Bupati Jember Hendy Siswanto (tengah) saat memberikan keterangan terkait hasil pemantauan terhadap pelaksanaan pilkades di Desa Padomasan, Kecamatan Jombang. Sumber foto: Diskominfo Jember.
Bupati Jember Hendy Siswanto (tengah) saat memberikan keterangan terkait hasil pemantauan terhadap pelaksanaan pilkades di Desa Padomasan, Kecamatan Jombang. Sumber foto: Diskominfo Jember.

JEMBER – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Jember, Jawa Timur berlangsung kondusif. Hal itu berdasarkan pemantauan yang dilakukan Bupati Jember bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) setempat.

 

“Alhamdulillah saya bersyukur karena seluruh pelaksanaan pilkades berjalan dengan kondusif. Terima kasih kepada seluruh pihak karena itu yang sebenarnya kami harapkan dari setiap pelaksanaan pilkades,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto, Senin (25/9/2023).

 

Hendy menjelaskan ada enam desa di lima kecamatan yang melaksanakan pemilihan kepala desa, meliputi Desa Pace di Kecamatan Silo, Desa Tisnogambar di Kecamatan Bangsalsari, Desa Tanggul Kulon di Kecamatan Tanggul, Desa Sarimulyo dan Desa Padomasan di Kecamatan Jombang, serta Desa Karangrejo di Kecamatan Gumukmas.

 

“Pemilihan kepala desa adalah hal biasa. Bagi yang terpilih, mereka akan menerima beban dan amanat dari masyarakat. Siapapun itu, mereka harus siap mengabdikan diri untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

 

Hendy berharap pelaksanaan pilkades dapat menjadi berkah untuk masyarakat sehingga dapat menjadi suatu kekuatan dan kemajuan bagi masyarakat Jember. Kemudian memakmurkan rakyat Jember melalui desa, sehingga hal itu menjadi semangat bersama.

 

“Nantinya, setiap kades yang terpilih akan ada pemantapan dari Pemkab Jember, semacam bimbingan teknis yang akan kami kawal. Belum lagi jika ada yang belum terbiasa di pemerintahan,” kata Hendy.

 

Sementara itu, Polres Jember telah mensiagakan sebanyak 600 personel gabungan untuk pengamanan pilkades serentak di enam desa tersebut. Hal itu dilakukan agar tercipta situasi aman, terkendali, dan kondusif.

 

“Kami telah melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi pilkades serentak dengan mengerahkan 600 personel gabungan. Kami yakin bisa menjaga situasi tetap kondusif hingga penghitungan suara nanti,” kata Wakil Kepala Polres Jember Komisaris Polisi Hendry Ibnu Indarto.

 

Hendry menjelaskan pengamanan yang dilakukan tersebut mencakup berbagai aspek. Termasuk pengawasan terhadap sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan pilkades.

 

“Polres Jember juga berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya dalam pilkades serentak di enam desa itu,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *