Site icon Kolom Desa

Petani di Kampung Unipokpok Dapatkan Bimbingan Budidaya Pala

Ilustrasi Buah Pala, Sumber Foto: isto

Ilustrasi Buah Pala, Sumber Foto: isto

FAKFAK – Sebanyak 50 petani di Kampung Unipokpok, Distrik Fakfak Tengah, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, mengikuti bimbingan budidaya tanaman pala. Giat sosialisasi budidaya tanaman pala tersebut diinisiasikan oleh Forum Pala Kabupaten Fakfak.

 

“Tujuan dari kegiatan ini sebetulnya untuk mencerdaskan para petani pala di Kabupaten Fakfak dalam mengolah pertaniannya,” ujar Ketua Forum Pala Kabupaten Fakfak, Reski Rahman Sriwijaya, Minggu (24/9/2023).

 

Ia menyebutkan teknik budidaya pala diajarkan secara menyeluruh. Diajarkan baik dari segi penanganan hama, maupun cara pemilihan bibit unggul serta jarak tanam.

 

“Kita harapkan tentunya buah pala yang dihasilkan dapat maksimal baik secara kualitas buah maupun umur pohon pala,” katanya.

 

Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan gerakan untuk meningkatkan taraf hidup petani agar lebih baik. Dalam hal ini, pihaknya siap menjadi fasilitator bagi petani dan pemerintah dalam penyediaan bibit pala yang unggul.

 

“Ketika cara bertani dengan baik dan memperhatikan budidaya sehingga berdampak langsung pada hasil produksi pertanian,” tandasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version