Site icon Kolom Desa

Guna Maksimalkan SDM Desa Bumi Asih Adakan Pelatihan Sasirangan

Guna Maksimalkan SDM Desa Bumi Asih Adakan Pelatihan Sasirangan Sumber foto: tanahlautkab.go.id

Guna Maksimalkan SDM Desa Bumi Asih Adakan Pelatihan Sasirangan Sumber foto: tanahlautkab.go.id

KOTABARU – Dengan memajukan sumber daya manusia (SDM) dan menciptakan usaha mikro dan kecil menengah(UMKM). Pemerintah Desa Bumi Asih mengadakan pelatihan Sasirangan di aula balai desa.

 

 

“Program ini di gulirkan melalui pemberdayaan masyarakat desa dengan menggunakan alokasi dana desa tahun anggaran 2023,” kata kepala Desa Bumi Asih Suwono, Selasa (26/09/2023).

 

 

Suwono mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan UMKM tanah air. Selain itu untuk memberdayakan masyarakat khususnya para ibu-ibu agar dapat meningkatkan keterampilannya dan kedepannya dapat membantu perekonomian keluarga.

 

 

Wali Kota Bumi Asih mengisyaratkan agar pelatihan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin dan pembelajarannya bisa diterapkan. Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat dan berkelanjutan karena segala sesuatu yang dilakukan masyarakat bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat.

 

 

Ditambahkannya, peserta yang berasal dari desa setempat dan jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 45 orang. Kemudian Narasumber pelatihan dari desa Sei Nipah yang telah menerima materi terlebih dahulu.

 

 

Camat Kelumpang Selatan Mawardi mengatakan, selain program fisik dana desa juga wajib melaksanakan program pemberdayaan. Pelatihan ini juga termasuk kedalam program pemberdayaan, pelatihan ini bertujuan menumbuhkembangkan produk kain sasirangan serta menumbuhkan UMKM di Kelumpang Selata.

 

 

Sebagai infromasi, untuk kedepannya akan menjalin hubungan ke sekolah sekolah yang ada diwilayah kecamatan Kelumpang Selatan untuk menggunakan produk sasirangan lokal sebagai pakaian dinas.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Exit mobile version