Site icon Kolom Desa

Diskominfo Diminta Segera Fasilitasi 140 Desa Blankspot

Ilustrasi desa blankspot Sumber Foto: Istimewa

Ilustrasi desa blankspot Sumber Foto: Istimewa

KENDARI – Ratusan desa tersebar di 17 kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih berstatus Blankspot atau tidak memiliki sinyal telekomunikasi. Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sultra, I Gede Panca mengatakan daerah yang dihitung berstatus Blankspot yakni daerah yang masih banyak titik tidak ada signal di desa tersebut.

 

“Sekitar 140-an desa kategori Blankspot tersebar di 17 kabupaten kota se-Sultra. Kalau di jalan itu tidak dihitung.” kata Gede Panca, Senin (25/9/2023).

 

Ia mengatakan utamanya kantor desa belum sepenuhnya mengakses jaringan telekomunikasi. Berdasarkan hal itu, I Gede Panca mengatakan DPMD Sultra telah melaporkan kondisi tersebut kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra yang memang memiliki tugas untuk mengatasi permasalah blankspot tersebut atau memfasilitasi beberapa desa tersebut.

 

“Semua kabupaten, daerah yang masih Blankspot lebih dari satu desa, ini tersebar di semua kabupaten, ada Konsel, Kolaka dan Muna itu ada beberapa pulau yang Blankspot,” ucapnya.

 

Ia menyebut bahwa untuk mencarikan jaringan, adalah tugas dari Diskominfo. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa difasilitasi.

 

“Tapi yang jelas bukan tugasnya PMD untuk mencarikan jaringan, itu kominfo punya gawean, sudah saya sampaikan berkali-kali ke Kominfo. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa difasilitasi,” tutupnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version