600 Personel Siaga Amankan Pilkades di Jember

Polres Jember menggelar Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak. Sumber foto: Polres Jember.
Polres Jember menggelar Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak. Sumber foto: Polres Jember.

JEMBERKepolisian Resor Jember mensiagakan sebanyak 600 personel gabungan untuk pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Pilkades itu digelar di enam desa di kabupaten setempat pada 25 September 2023.

 

“Kami telah melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi pilkades serentak dengan mengerahkan 600 personel gabungan. Kami yakin bisa menjaga situasi tetap kondusif,” kata Wakapolres Jember Kompol Hendry Ibnu Indarto, Minggu (24/9/2023).

 

Ia menjelaskan, enam desa yang menggelar pilkades serentak yaitu Desa Karangrejo di Kecamatan Gumukmas, Desa Pace di Kecamatan Silo, Desa Tisnogambar di Kecamatan Bangsalsari, Desa Tanggul Kulon di Kecamatan Tanggul dan Desa Padomasan serta Desa Sarimulyo di Kecamatan Jombang.

 

“Kami mengerahkan personel gabungan untuk pengamanan pilkades sebanyak 600 orang yang terdiri dari TNI, Polri, dan Linmas. Langkah itu diambil untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pilkades berlangsung,” tuturnya.

 

Ia menjelaskan pengamanan tersebut mencakup berbagai aspek. Termasuk pengawasan terhadap sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan pilkades.

 

“Polres Jember juga berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya dalam pilkades serentak di enam desa itu,” urainya.

 

Pihaknya berharap masyarakat di Kabupaten Jember dapat berpartisipasi dengan menjaga ketenangan dan kedamaian selama proses pilkades serentak itu. Sehingga tidak membuat tindakan yang dapat mengganggu keamanan pilkades.

 

“Polri bersama personel gabungan akan terus berupaya menjaga situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan demokrasi tingkat desa yang dilakukan secara serentak tersebut,” katanya.

 

Diketahui, Polres Jember sudah melakukan pemetaan tingkat kerawanan pada setiap desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak. Sehingga polisi juga terus  meningkatkan pengamanan.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *