Pabrik Pupuk Organik Segera Dibangun di Desa Wirowongso

Bupati Jember Hendy Siswanto saat meninjau proses pembangunan pabrik pupuk organik. Sumber foto: Diskomnfo Jember.
Bupati Jember Hendy Siswanto saat meninjau proses pembangunan pabrik pupuk organik. Sumber foto: Diskomnfo Jember.

JEMBER – Pabrik pupuk organik di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember akan segera dibangun. Adanya pabrik ini dimaksukan untuk memenuhi kebutuhan pupuk para petani dan mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi di daerah setempat.

 

“Kami sudah meninjau pembangunan pabrik pupuk organik di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto, Rabu (20/9/2023).

 

Tersedianya pabrik pupuk organik merupakan salah satu janji Bupati Hendy Siswanto agar masyarakat di Kabupaten Jember tidak kesulitan lagi mendapatkan pupuk. Selain itu, kata dia, dengan adanya pabrik pupuk organik milik daerah, petani Jember mendapatkan harga yang lebih murah.

 

“Dengan memproduksi pupuk sendiri, harga jual kepada petani akan terjangkau. Itu juga akan menjadi sumber pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Jember,” ujarnya.

 

Hendy mengatakan pertanian merupakan sektor andalan bagi Pemkab Jember untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, sebanyak 70 persen lahan di Jember adalah pertanian.

 

“Bahkan Jember menempati urutan keempat terbesar dalam swasembada pangan dari hasil pertanian di Jawa Timur, sehingga wajib bagi kami untuk menangani persoalan yang dihadapi petani,” ucap Hendy.

 

Soal proses pembangunan pabrik pupuk, pihaknya mengaku masih ada sejumlah kekurangan. Hendy berharap semua organisasi perangkat daerah (OPD) mengontrol kualitas pembangunannya.

 

“Pembangunan pabrik pupuk organik bukan hanya mengejar waktu saja, namun harus diimbangi dengan kerja yang bagus dan hasil pembangunan yang maksimal,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Jember Imam Sudarmadji mengatakan pembangunan pabrik itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jember senilai Rp4,2 miliar. Namun pemenang lelangnya sanggup membangun dengan dana Rp 3,2 miliar.

 

Ia menyebut, tanah Pemkab Jember di kawasan tersebut mencapai 7,3 hektare. Namun untuk pembangunan pabrik pupuk organik hanya dibutuhkan 3.000 meter persegi saja, sehingga sisanya untuk uji coba pertanian, perikanan, dan peternakan.

 

“Pembangunan pabrik pupuk organik dengan kapasitas 8 ton per jam tersebut ditargetkan bisa selesai sebelum Desember 2023, sehingga dapat diresmikan sebelum awal 2024,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *