Ekowisata Sarmi Akan Dibangun di Kampung Armopa

aKantor Pemkab Sarmi, Sumber Foto: Istimewa
Kantor Pemkab Sarmi, Sumber Foto: Istimewa

SARMI – Pemerintah Provinsi Papua akan membangun ekowisata di Kampung Armopa, Distrik Bonggo, Kabupaten Sarmi, Papua. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap L. Ormuseray, Selasa (19/9/2023).

 

Ia menyampaikan seusai pembukaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 atau di Kabupaten Sarmi disebut Festival Negeri 1000 Ombak. Sebelumnya, PJ Gubernur Papua Ridwan Rumasukun dalam sambutannya berharap ada pembangunan destinasi wisata baru di Kampung Armopa. Hal tersebut langsung disambut Jan Jap L. Ormuseray untuk membangun ekowisata di kampung tersebut.

 

“Untuk pembangunan ekowisata di Kampung Armopa, kami butuh dukungan dari tokoh adat, tokoh agama, kaum perempuan, dan pemuda di Kampung Armopa secara khusus, dan di Kabupaten Sarmi secara umum,” kata Ormuseray.

 

Menurut Ormuseray, hutan mangrove di Kampung Armopa yang terbentang luas itu, sangat potensial untuk pembangunan sejumlah destinasi wisata. Selain itu, pihaknya akan mengadakan pelatihan untuk pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), terutama bagi mama-mama di Kampung Armopa.

 

Dalam kesempatan itu, Pemprov setempat memohon dukungan dari masyarakat kampung, baik itu dari tokoh adat, gereja maupun pemuda. Ia juga mengajak masyarakat bersatu dan bersama-sama memikirkan ekonomi di masa depan.

 

“Kita jangan berharap orang lain datang membantu kita, tetapi Tuhan sudah menyiapkan semua potensi sumber daya alam yang luar biasa yang ada di sekitar kita, untuk itu, mari kita kembangkan, baik egoiswisata maupun kegiatan ekonomi lainnya,” tandasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *