Desa Persiapan di Halmahera Tengah Terendam Banjir

Ilustrasi Banjir, Sumber Foto: istock
Ilustrasi Banjir, Sumber Foto: istock

HALMAHERA TENGAH – Desa persiapan Era Fagogoru di Kecamatan Weda Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, terendam banjir. Banjir setinggi pusar orang dewasa itu disebabkan adanya curah hujan tinggi sejak malam hari, Jumat (15/9/2023).

 

“Setelah melihat kondisi hujan tidak reda hingga pagi tadi, kami langsung mengungsi ke kantor desa dan sekolah untuk mengamankan diri,” Dede Efendi salah seorang warga yang terdampak hadir.

 

Sungai di desa setempat juga meluap yang berakibat pada sebanyak 78 rumah terendam banjir. Dia bilang, akibat banjir tersebut alat dapur tidak bisa digunakan.

 

“Dari malam sampai siang kami tidak bisa makan karena semua alat dapur terendam banjir,” katanya.

 

Bukan hanya itu, kebun warga juga ikut menjadi korban. Tanaman bulanan yang sementara baru ditanam dan siap panen semua rusak akibat banjr.

 

Sementara itu, Camat Weda Utara Takdir Can mengaku pihaknya mendapat informasi dari warga tentang adanya banjir. Sementara, Tim Tangguh Bencana (Kencana) Weda Utara langsung turun ke lokasi melihat langsung warga yang kena dampak banjir. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, dan kerugian yang dialami warga belum bisa ditaksir.

 

“Kami langsung menuju ke lokasi banjir dan melaporkan hasil kepada Pj Bupati dan dinas terkait untuk penanganan selanjutnya,” ucapnya.

 

Penulis: ILham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *