Bupati Tabalong Perintahkan PDAM Distribusikan Air Guna Cegah Stunting

Bupati Tabalong Perintahkan PDAM Distribusikan Air Guna Cegah Stunting Sumber foto: tabalongkab.go.id
Bupati Tabalong Perintahkan PDAM Distribusikan Air Guna Cegah Stunting Sumber foto: tabalongkab.go.id

TABOLANGBupati Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani memerintahkan PT Air Minum Tabalong Bersinar mendistribusikan air di Desa Padangin dan Madang, Kecamatan Muara Harus. Pendistribusian air dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus kasus stunting atau gagal tumbuh kembang pada anak.

 

 

“Sebagai penanganan sementara bantu suplai air bersih ke Desa Padangin dan Desa Madang agar mendukung penanganan stunting,” ucap Anang, Selasa (19/09/2023).

 

 

Instruksi Anang tersebut terkait dengan pernyataan Bupati Muara Harus Adityapula Nugraha yang mengatakan, masih tingginya angka stunting masih tinggi di Desa Padangin dan Desa Madang. Dikarenakan terdapat fasilitas sanitasi air minum yang masih belum optimal.

 

 

Di hadapan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong Mawardi saat kunjungan kerja ke Kecamatan Muara Harus, Aditya mengharapkan bantuan pembangunan jaringan perpipaan untuk penyaluran air bersih. Di Desa Padangin dan Desa Madang angka stunting capai 13,1 persen, cukup tinggi.

 

 

Saat ini warga Padangin dan Madang memanfaatkan air sungai untuk mandi dan memasak. Di musim kemarau, air sungai terkadang berubah menjadi hitam dan berbau tidak sedap, namun penduduk desa menggunakannya setiap hari.

 

 

Sebagai informasi, Untuk angka prevalensi stunting di Kabupaten Tabalong mencapai 7,2 persen turun dibanding tahun sebelumnya sebesar 7,8 persen. Kabupaten Tabalong pun meraih predikat terbaik pada penilaian kinerja delapan aksi konvergensi penurunan stunting pada 2022.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *