Site icon Kolom Desa

Sejumlah Warga Tempuh Perjalanan 3 Kilometer Demi Mendapatkan Air Bersih

SIKKA – Desa Darat Gunung, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur di landa kekeringan parah. Akibatnya, sejumlah warga terpaksa harus menempuh perjalanan tiga kilometer ke sumber mata demi mendapatkan air bersih.

 

“Kalau bukan musim kemarau airnya kotor, kalau kami butuh air harus pake motor  jaraknya sekitar 3 kiloan air yang di sini untuk minum,” kata saha satu warga, Aloysius Kawe, Kamis, (14/9/2023).

 

Menurutnya, warga Desa Darat Gunung mengambil air bersih setiap hari pada pagi dan sore hari. Sebagian warga juga rela terpaksa mengeluarkan uang untuk membayar biaya transportasi ke sumber mata air karena jaraknya yang cukup jauh.

 

Tidak hanya itu, warga juga harus ikut mengantre selama sekitar satu jam untuk mendapatkan air bersih. Menurutnya, kekeringan di desa tersebut sudah berlangsung lama.

 

Namun, perhatian dari pemerintah setempat belum ada hingga saat ini. Warga berharap pemerintah dapat memberikan bantuan dalam mendistribusikan air bersih ke wilayahnya termasuk juga memperbaiki jaringan PDAM yang telah rusak.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version