Kemenlutkan Lakukan Pendampingan Budidaya Ikan Tawar

foto ilustrasi budidaya ikan tawar, sumber foto: sumber resmi alam tani.com
foto ilustrasi budidaya ikan tawar, sumber foto: sumber resmi alam tani.com

NTTKementerian Kelautan dan Perikanan (Kemenlutkan) melakukan pendampingan terhadap 10 kelompok di Desa Wisata Golo Loni, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur untuk mengoptimalkan budidaya ikan air tawar. Hal tersebut guna mendukung kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

 

“Pendampingan ini dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan selama satu tahun untuk pemberdayaan budidaya ikan air tawar guna mendukung ketahanan pangan desa,” kata Kepala Desa Golo Loni, Johan Okalung, Rabu, (13/9/2023).

 

Ia menjelaskan, sebanyak 100 orang yang tersebar dalam 10 kelompok mulai didampingi dalam peningkatan kapasitas sumber daya dan ilmu pengetahuan untuk membudidayakan ikan air tawar. Menurutnya, pendampingan dari Kemenlutkan menekankan agar kelompok budidaya ikan tawar bisa memanfaatkan program Pemdes untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

 

“Mereka juga menegaskan agar ada kegiatan arisan mingguan antar anggota kelompok dan menjadikan Desa Golo Loni sebagai pusat ikan air tawar,” ucapnya.

 

Ia mengatakan, kelompok budidaya ikan air tawar ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Desa dalam mendukung Program Ketahanan Pangan masyarakat. Kini terdapat 390 kolam ikan air tawar yang tersebar di areal 120 hektar agrowisata desa.

 

Ia juga menyampaikan, tujuan pembentukan kelompok budidaya ikan tersebut untuk pemenuhan asupan gizi bagi keluarga. Ia berharap, kehadiran budidaya ikan tawar tersebut dapat meningkatkan konsumsi gizi anak, sehingga bisa berkontribusi bagi penurunan angka stunting.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *