Sebanyak 124 BUMDesa Telah Terbentuk di Tanah Laut

Sebanyak 124 BUMDesa Telah Terbentuk di Tanah Laut. Sumber foto: diskominfo.tanahlautkab.go.id
Sebanyak 124 BUMDesa Telah Terbentuk di Tanah Laut. Sumber foto: diskominfo.tanahlautkab.go.id

TANAH LAUT – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Bambang Kusudarisman mengatakan, saat ini jumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah terbentuk sebanyak 124 BUMDes Dari 130 desa di Kabupaten Tanah Laut.

 

 

“Saya berharap BUMDes kita dapat bersaing dan maju,” ujar Bambang Kusudarisman, pada rapat koordinasi Direktur BUMDesa se-Tanah Laut Tahun 2023, Selasa (12/09/2023).

 

 

Menurutnya, dari jumlah tersebut, 56 BUMDes berhasil memperoleh sertifikat badan hukum yang disetujui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Dengan kondisi tersebut diharapkan BUMDes menjadi lebih kompetitif dan progresif melalui interaksi dan kolaborasi pemerintah daerah.

 

 

Ia juga berharap BUMDes yang belum berbadan hukum bisa segera menjadi badan hukum. Karena status badan hukum BUMDes, mereka mempunyai banyak keleluasaan dalam pengelolaan kegiatan usahanya.

 

 

Selain itu, untuk mendapatkan permodalan dari dana desa, BUMDes kerap melakukan kerja sama dengan pihak lain. Baik dalam bentuk kontrak kerja sama maupun permodalan yang mendorong percepatan pertumbuhan dan pengembangan BUMDes itu sendiri.

 

 

Sebagai infromasi, saat ini telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara SKPD Tanah Laut dengan pihak-pihak terkait dalam pembinaan dan pengembangan BUMDes di daerah tersebut. Turut hadir anggota kelompok pembina BUMDes Tanah Laut, direktur daerah Tanah Laut, dan ketua BUMDes Tanah Laut.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *