Polda Sumut Kerahkan 300 Personel Cegah Karhutla di OKI

Ilustrasi Karhutla. Sumber foto: iStock

OKIPolda Sumatera Selatan menurunkan 300 personel ke 36 desa untuk menangani karhutla yang saat ini kian meluas di berbagai wilayah terutama di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

 

Mereka diminta untuk intensif melakukan pencegahan karhutla dengan bersosialisasi serta memberikan warga sembako sebagai kebutuhan pokok sehari-hari.

 

“Targetnya tidak ada api lagi. Tim ini diminta memberikan edukasi kepada masyarakat secara persuasif untuk tidak membuka lahan dengan membakar serta bahaya Karhutla bagi lingkungan,” kata Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Rabu (13/9/2023).

 

Rachmad mengungkapkan, 300 personel tersebut berasal dari satuan Brimob, Dit Samapta, Dit Intelkam, Polairud, dan Polres setempat.

 

“Personel ini akan menetap dan tinggal di desa selama satu bulan untuk menjaga wilayah masing-masing seperti yang ditugaskan,” ujarnya.

 

Hingga saat ini, Polda Sumatera Selatan telah menetapkan 32 orang sebagai tersangka kebakaran hutan dan lahan. Para tersangka itu merupakan warga yang berada di Kabupaten OKI dan Ogan Ilir.

 

“Kami harap dengan dilakukannya pendekatan secara persuasif warga dapat mengerti dan tidak melakukan pembakaran,” ucap Kapolda Sumsel.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *