Pokdarwis di Cianjur Diberi Pembinaan

Desa Wisata Situs Gunung Padang berada di wilayah Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Sumber: Kemenparekraf.
Desa Wisata Situs Gunung Padang berada di wilayah Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Sumber: Kemenparekraf.

CIANJUR Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur terus memberikan pembinaan terhadap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di lima desa wisata di daerah setempat. Hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan tata cara pengelolaan wisata yang baik dan ramah.

 

“Ketika pelaku wisata sudah mendapatkan pembinaan selanjutnya dapat mengembangkan berbagai program pembangunan termasuk pembangunan ekonomi di tingkat desa dengan melibatkan warga sekitar sebagai pelaku usaha guna menunjang keberadaan desa wisata,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial, Senin (11/9/2023).

 

Ia menjelaskan, pembinaan yang diberikan termasuk dalam pengembangan bidang usaha dan seni budaya yang dapat ditampilkan di lokasi desa wisata. Sehingga desa wisata sudah tertata dengan baik mulai dari area parkir, kios pedagang sampai dengan home stay atau penginapan.

 

“Setiap tamu yang datang akan mendapatkan kesan yang berbeda sehingga merekomendasikan desa wisata Cianjur ke sanak saudara hingga relasi di tempatnya bekerja, layak dikunjungi. Sehingga target kami per tahun angka kunjungan ke desa wisata dapat meningkat,” ujarnya.

 

Diketahui, lima desa wisata di Cianjur yang sudah mendapat pembinaan dan pelatihan yaitu Desa Balegede di Kecamatan Naringgul, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, dan Desa Karangjaya di Kecamatan Pasirkuda.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *