Site icon Kolom Desa

Dampak Fenomena El Nino, Sejumlah Lahan Pertanian Dilanda Kekeringan

Dampak Fenomena El Nino, Sejumlah Lahan Pertanian Dilanda Kekeringan

Ilustrasi lahan pertanian yang dilanda kekeringan. Sumber foto: iStock

OKU TIMUR – Sejumlah lahan pertanian di Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan dilanda kekeringan usai terdampak fenomena El Nino. Berdasarkan data per 7 September 2023, seluas 27 Ha di desa Tuguharum tanaman mengalami kekeringan.

 

‘’ Dari total 27 Ha yang mengalami kekeringan, ada lahan kurang lebih seluas 15 Ha yang tidak ditanami. Sehingga, lahan potensi lossnya lebih kecil, dikarenakan 12 Ha sisanya masih berpotensi pulih. Saat ini fokus kami mempertahankan keadaan lahan pertanaman agar tidak menjadi puso,’’ jelas Meita Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan Kecamatan Belitang Madang Raya, Meita Riski Handayani.

 

Di saat yang sama, POPT juga melakukan pemantauan lahan kekeringan di Desa Karang Binangun 1, dimana data per 7 September 2023 seluas 2,5 Ha di desa Karang Binangun 1 tanaman mengalami kekeringan.

 

“Berbeda dengan Desa Tuguharum, kategori kekeringan di Desa Karang Binangun 1 masih tergolong ringan, dimana lahan yang bisa di re-hidrasi seluas 30 Ha, sedangkan luas yang tidak ditanam 6 Ha,’’ tambah Meita.

 

Ke depan, lanjut Meita, pihaknya akan menggerakkan petani untuk melakukan Gerakan Penanganan DPI untuk pompanisasi dengan alokasi dari BPTPH Sumatera Selatan dan Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan agar lahan yang potensial untuk pulih dapat segera tertangani.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Exit mobile version