Site icon Kolom Desa

Brida NTB Ajak Desa Wisata Banyumulek Lestarikan Gerabah

foto desa wisata banyumulek, sumber foto: sumber resmi jadesta

foto desa wisata banyumulek, sumber foto: sumber resmi jadesta

NTBBadan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) NTB mengajak Desa Wisata Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat untuk berkolaborasi melestarikan kerajinan gerabah. Sebab, Desa Wisata Banyumulek terkenal sebagai sentra kerajinan gerabah di Pulau Lombok.

 

“Karena kami melihat Desa Wisata Banyumulek ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata edukasi. Dari segi sejarahnya menarik sampai bisa belajar cara membuat gerabahnya,” kata Kepala Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Brida NTB, Lale Ira Amrita Sari, Senin, (11/9/2023).

 

Ia menjelaskan, kolaborasi yang akan dibangun ini dalam bentuk rangkaian kunjungan eduwisata. Karena, kata dia, pihaknya melihat Desa Wisata Banyumulek cocok dijadikan sebagai tempat eduwisata.

 

“Dengan adanya kunjungan ke Desa Wisata Banyumulek, pelaku kerajinan gerabah akan mendapatkan dampaknya. Mulai dari tingkat kunjungan dan dampak ekonomi juga. Jadinya, pariwisata NTB, terutama desa-desa wisata bangkit,” katanya.

 

Selain rencana memasukkannya sebagai kunjungan eduwisata, pihaknya juga sedang merencanakan untuk mengajak kolaborasi dengan menggelar mini event. Mini event tersebut adalah belajar gerabah.

 

“Jadi saat datang ke Brida NTB untuk kunjungan eduwisata, pengunjung yang datang bisa belajar buat gerabah. Hal ini juga dapat menjadi salah satu pengalaman pengunjung ketika berkunjung,” ujarnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version