Kampung Sehat Bermanfaat, Warga Aparuka: Semoga Terealisasi Kembali

Ilustrasi Program Kampung Sehat, Sumber Foto: istock
Ilustrasi Program Kampung Sehat, Sumber Foto: istock

MIMIKA – Program kampung sehat dinilai sangat membantu pelayanan kesehatan masyarakat kampung yang lokasinya sangat jauh dari Puskesmas. Salah satunya Kampung Aparuka, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, warganya berharap Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) kembali menempatkan tenaga medis di Kampungnya.

 

“Kesehatan merupakan faktor utama yang perlu mendapat perhatian sehingga dirinya sangat berharap YPMAK tetap menempatkan petugas medis melalui program kampung sehat di Aparuka,” kata Sekretaris Kampung Aparuka, Fransiskus Kamawiyaya, Sabtu (9/9/2023).

 

Sementara itu, Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Kesehatan YPMAK, Riana Wadibar mengatakan, tugasnya hanya datang dan menanyakan kepada warga tentang pelayanan YPMAK dalam program kampung sehat. Sebab semua saran dan masukan dari masyarakat akan dijadikan laporan untuk disampaikan kepada managemen yang selanjutnya dibuat suatu keputusan.

 

“Jadi kami tidak bisa menjawab permintaan warga masyarakat agar petugas medis harus dikembalikan bertugas di Kampung Aparuka,” jelasnya, Senin (11/9/2023).

 

Menurutnya, fasilitas dan layanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika sudah baik. Namun karena luasnya wilayah kabupaten menjadi sebab keterbatasan layanan. Sehingga, melalui program kampung sehat bertujuan agar menjangkau masyarakat di area pesisir maupun pegunungan.

 

“Kami sebagai mitra pemerintah, YPMAK selalu bergandengan tangan dalam melaksanakan program kesehatan yang tertuang dalam program sistim kesehatan nasional yaitu, bersama sama dengan pemerintah setempat membangun masyarakat Mimika ke arah yang sehat dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik,” katanya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu:

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *