Festival Kelapa Membangkitkan Usaha Warga Jayapura

Festival Kelapa ke-2 di Skouw, Sumber Foto: Akun Instagram @kodam17
Festival Kelapa ke-2 di Skouw, Sumber Foto: Akun Instagram @kodam17

JAYAPURAPemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, menggelar Festival Kelapa di Kampung Skouw Yambe, Distrik Muara Tami. Tujuan festival tersebut yaitu membuka peluang untuk pelaku usaha dalam mengembangkan produk yang berbahan dasar kelapa, Sabtu (9/9/2023).

 

“Ini juga akan menciptakan lapangan kerja baru serta memperkuat perekonomian keluarga tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kampung Skouw,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Robby Awi, Minggu (10/9/2023).

 

Menurut Awi, festival tersebut digelar yang ke-2 kalinya. Diharapkan momen tersebut dapat mengangkat dan memperkenalkan potensi yang ada di Kampung Skouw Yambe.

 

“Kami harap festival ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan sehingga ke depan banyak pengunjung yang berkunjung ke Kampung Skouw Yambe,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Yayasan Gema Valentine Papua sekaligus penggagas Festival kelapa Nurlince Rollo mengatakan sebanyak 18 ribu kelapa berasal dari tiga kampung. Kampung-kampung tersebut diantaranya, Skouw Sae, Skouw Yambe dan Skouw Mabo.

 

“Ajang ini merupakan yang ke dua kali kami laksanakan sebelumnya itu pada September 2018 yang memecahkan rekor MURI karena kelapa yang disiapkan sebanyak 20 ribu,” katanya.

 

Nurlince menjelaskan, festival kelapa tersebut juga melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Jayapura. Selain itu juga melibatkan organisasi ikatan perempuan adat dari 10 kampung di Kota Jayapura.

 

“Sehingga kami harap ke depan festival ini dapat berlanjut karena kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tiga kampung di Skouw,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *