Site icon Kolom Desa

Tanggapan Dinkes Jember Soal Pelayanan Puskesmas Semboro

Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Sumber foto: PPID Jember.

Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Sumber foto: PPID Jember.

JEMBERDinas Kesehatan Jember mengapresiasi kedatangan lima kades se-Kecamatan Semboro sebagai representasi dari warga Semboro atas persoalan pelayanan di Puskesmas setempat. Pihaknya akan membentuk tim investigasi untuk menelusuri kebenaran pengaduan masyarakat itu.

 

“Saya mengapresiasi kedatangan para kades. Kami Dinas Kesehatan Jember juga akan menyampaikan persoalan tersebut kepada Bupati Jember Hendy Siswanto,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jember, Hendro Soelistijono, Rabu (06/9/2023).

 

Ditanya soal pelayanan di Puskesmas, Hendro menekankan pada dua hal, yaitu Good Corporate Government dan Good Klinik Government. Good Corporate Government berkaitan dengan tata kelola puskesmas, termasuk manajemen puskesmas.

 

“Sementara Good Clinic Government berkaitan dengan pelayanan kesehatan. Standarnya pelayanan kesehatan harus dilakukan berdasarkan SOP dan aturan praktik nasional kedokteran,” ujarnya.

 

Hendro menambahkan, dalam menindaklanjuti pengaduan tersebut, pihaknya melakukan pendekatan. Jika dalam perkembangannya ditemukan ada ASN yang tidak profesional, maka akan diberikan sanksi sesuai aturan yang ada.

 

“Sebagai salah satu organisasi perangkat daerah. Nanti, kami akan menerapkan pendekatan. Jika ada unsur ASN yang bekerja tidak profesional, maka akan diberikan sanksi sesuai regulasi kepegawaian,” tegasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, setelah mendatangi Kantor Dinas Kesehatan Jember, lima Kades se-Kecamatan Semboro itu juga mendatangi Kantor DPRD Jember dan Pemkab Jember. Mereka menyampaikan permintaan yang sama atas kondisi pelayanan di Puskesmas Semboro.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version