Satukan Keberagaman Masyarakat Melalui Pekan Kebudayaan Daerah

Satukan Keberagaman Masyarakat Melalui Pekan Kebudayaan Daerah Sumber foto: disporabudpar.banjarbarukota.go.id
Satukan Keberagaman Masyarakat Melalui Pekan Kebudayaan Daerah Sumber foto: disporabudpar.banjarbarukota.go.id

BANJARBARUPemerintah Daerah Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan berupaya untuk menumbuhkan dan menyarukan keberagaman perbedaan budaya di kalangan masyarakat Kota Idaman melalui pekan kebudayaan daerah. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 9-17 September 2023 di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru.

 

 

“Kami menggandeng komunitas dan paguyuban seni di Banjarbaru untuk menampilkan seni dan budaya serta menyediakan stand bagi mereka untuk menampilkan budayanya,” ujar Yani Makkie sapaan akrabnya, Rabu (6/09/2023).

 

 

Menurut Yani, PKD merupakan wujud apresiasi dan kepedulian Pemkot Banjarbaru terhadap seni budaya serta keberagaman masyarakat yang tumbuh dan berkembang di Kota Idaman. Masyarakat Banjarbaru dikenal dengan kehidupan yang berbeda-beda.

 

 

Meskipun berbeda ras, agama, dan budaya, mereka berusaha menyatukannya melalui pekan kebudayaan daerah. Masyarakat Banjarbaru yang dikenal heterogen melalui seni dan budaya yang memiliki perbedaan tetapi tetap satu dalam keberagaman dan rukun serta damai.

 

 

Yani menjelaskan, kelompoknya melibatkan 23 Komunitas maupun paguyuban pada PKD yang dibuka Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin. Menjelang sore harinya akan digelar pameran berbagai seni dan budaya.

 

 

“Pembukaan diawali pawai budaya dan menampilkan wayang Gong. Selain itu juga ada workshop dan pameran budaya dari komunitas dan paguyuban yang dapat disaksikan pengunjung,” ungkapnya.

 

 

Sebagai infromasi, PKD merupakan kalender tahunan yang digelar Disporabudpar Banjarbaru dan tahun 2023 sudah berubah konsep dibandingkan tahun lalu dengan menampilkan workshop dan pameran budaya.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *