Site icon Kolom Desa

Kemenparekraf Salurkan Dana DPUP Ke 2 Desa di NTT

Ilustrasi uang, sumber foto: istok

Ilustrasi uang, sumber foto: istok

NTTKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menyalurkan bantuan dana Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata (DPUP) dan Ekonomi Kreatif sebesar Rp240 juta. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan ke dua desa wisata yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

“Dana tersebut untuk pembelian peralatan usaha di bidang atraksi wisata, kuliner, fesyen dan kriya,” kata Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Indriani Laratu, Rabu, (6/9/2023).

 

Adapun dua desa yang akan mendapatkan bantuan dana adalah Kampung Adat Waerebo, Kabupaten Manggarai dan Desa Detusoko Barat, Kabupaten Ende. Dimana keduanya nantinya masing-masing mendapat dana sebesar Rp120 juta.

 

“Pandangan saya, dua desa wisata ini memiliki potensi atraksi wisata yang luar biasa, dan bisa dioptimalkan lebih baik lagi potensi dan sumber daya lokalnya, bersinergi dan berkolaborasi dari berbagai stakeholder, mulai dari pengelola desa wisata, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan lembaga terkait lainnya,” ujarnya.

 

Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Oni Yulfian menyebut program ini juga sebagai tindak lanjut program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

 

“Pemberian bantuan program DPUP tersebut ditujukan untuk pengembangan usaha parekraf di desa wisata dan diharapkan mampu mempercepat kebangkitan parekraf yang berkelanjutan dan memicu pertumbuhan ekonomi secara nasional,” ujarnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Exit mobile version