Site icon Kolom Desa

Lomba Kampung Pangan Tingkat Kecamatan Akan Digelar

Ilustrasi pemanfaatan sumber pangan di Kelurahan Wailan Sumber Foto: Istockphoto

Ilustrasi pemanfaatan sumber pangan di Kelurahan Wailan Sumber Foto: Istockphoto

TOMOHON – TP-PKK Kota Tomohon mengadakan kegiatan Lomba Kampung Pangan PKK Tingkat Kecamatan Kota Tomohon Tahun 2023 yang bertempat di Kelurahan Wailan, Kota Tomohon. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan ketersediaan aksestabilitas dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA).

 

’’PKK juga memiliki Pusat Pengelolahan Sampah Organik Terpadu (PPSOP) yang bertempat di seputar Dinas P3A. Di situ tersedia pupuk organik cair yang boleh dipakai untuk para petani dan echo enzim yang memiliki beberapa fungsi seperti kesuburan tanah, tanaman dan lain lain dalam Bertani,’’ ujar Ketua TP-PKK Kota Tomohon, Jeand’arc, Senin (4/9/2023).

 

Ia menyebut bahwa perawatan pangan Kelurahan Wailan sudah luar biasa, dengan menggunakan pupuk organik serta perawatan yang tentunya dengan sebaik mungkin menjadikan hasil pangan yang perlu dicontohi oleh para petani lain. Hal tersebut juga berguna untuk menaikkan perekonomian masyarakat dengan target market, dan ebih dari pada itu untuk menangani krisis stunting.

 

Ia pun berharap, melalui lomba ini dapat mendorong kelompok masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Ia juga mengapresiasi Dinas Pangan Kota Tomohon dalam upaya mengadakan lomba pangan untuk menciptakan keragaman pangan dan juga gizi.

 

’’Terima kasih dan besar apresiasi buat Dinas Pangan Kota Tomohon dalam upaya mengadakan lomba pangan, agar boleh dikonsumsi masyarakat dengan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman,’’ katanya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version